4 Penyebab Ibu Hamil Mengalami Anemia dan Cara Penangannya

penyebab anemia ibu hamil

Aldricus – Kondisi tubuh wanita yang tengah hamil dan tidak memang berbeda, bukan hanya dari segi fisik tapi juga psikis. Ibu hamil lebih rentan mengalami gangguan kesehatan, terutama mengalami anemia. Ada beberapa penyebab anemia ibu hamil yang jika diketahui sejak dini dapat membantu Anda menghindarinya.

Penyebab Bumil Alami Anemia

Anemia pada ibu hamil memang bukan hal langka dan banyak yang mengalaminya. Akan tetapi, masalah ini tidak dapat disepelekan karena dapat berakibat fatal pada kehamilan, seperti bayi lahir prematur atau mengalami cacat fisik. Berikut adalah beberapa penyebab anemia pada wanita hamil:

penyebab anemia ibu hamil

1. Kekurangan Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan sel darah merah sangat dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan akan mempengaruhi tumbuh kembang janin dan membuat plasenta tidak lagi optimal. Biasanya anemia ini disebabkan kurangnya ibu mengonsumsi makanan mengandung zat besi, baik selama maupun sebelum masa kehamilan.

2. Kekurangan Asam Folat atau Vitamin B9

Penyebab anemia ibu hamil berikutnya adalah kekurangan asam folat yang dapat mengakibatkan malabsorpsi. Dalam kondisi ini tubuh ibu hamil akan mengalami kesulitan menyerap asam folat sehingga dapat mengganggu perkembangan sel otak janin dan mempengaruhi perkembangan pada bagian tubuh janin.

3. Kekurangan Asupan Vit. B12

Selain vitamin B9, vitamin B12 juga merupakan jenis nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Kondisi ini akan berbahaya karena tubuh tidak mampu mencukupi kebutuhan sel darah merah dan dapat berakibat pada pertumbuhan janin.

Ketika tubuh tidak mampu melakukan penyerapan vitamin B12 dengan baik, maka akan membuat pembentukan sel darah merah berkurang. Jadi, harus ditangani dengan pemberian suplemen mengandung vit.12. Kebiasaan mengonsumsi alkohol saat hamil juga dapat membuat bumil bisa memicu kekurangan vit B12 ini.

Oleh sebab itu, penyebab anemia ibu hamil harus diketahui sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Bisa dengan mengatur asupan makanan yang kaya zat besi dan vitamin B9 dan B12 atau menambahkan asupan suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *