Inilah Penyebab Bayi Rewel dan Yang Harus Dilakukan

Aldricus – Karena belum bisa berkomunikasi secara lancar, bayi biasanya akan mengeluarkan tangisan atau rewel apabila terasa ada yang mengganggu dirinya. Apabila Anda orangtua baru, biasanya kita bingung penyebab bayi rewel beserta langkah terbaik untuk menenangkannya.

Untuk itu, Anda harus pintar-pintar membaca pola tangisan mereka. Karena biasanya setiap pola tangisan arti yang berbeda. Misalnya saja ketika lapar atau ngantuk. Keduanya memiliki pola tangisan yang berbeda.

5 Penyebab Bayi Rewel Dari Pola Tangisannya

Mengapa pola tangisan bayi bisa berbeda tergantung situasi si bayi? Hal ini adalah cara komunikasi bayi untuk membedakan ia sedang lapar atau hanya kelelahan saja. Di bawah ini alasan bayi mulai rewel berdasarkan pola tangisannya.

penyebab bayi rewel

1. Merasa Lapar

Bayi biasanya akan menyusu setiap beberapa jam sekali terutama yang baru lahir. Jika ia mulai merasa lapar biasanya mengemut tangan atau jari yang kemudian mengarahkan muka ke Anda. Dia akan lebih sering mengarah ke pipi yang sering Anda usap ketika memberi ASI. Suara tangisnya berima dan mengulang.

2. Merasa Tidak Nyaman

Daripada menangis, bayi akan mengeluarkan suara seperti sedang menggerutu. Dia akan gelisah dan baru akan menangis apabila Anda terlalu lama meresponsnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor bayi rewel tidak mau tidur karena tidak nyaman.

3. Merasa Lelah

Bayi yang lelah akan lebih sering menguap, sayu, dan mengucek mata. Tangisannya akan lebih intens dan kencang di awal, tapi selanjutnya akan lebih tenang.

4. Sakit

Bayi yang sakit tangisannya akan lebih kencang dan meninggi. Berhenti hanya sebentar-sebentar saja. Wajahnya pun akan lebih sering mengernyit seperti menahan sakit.

5. Takut

Bayi akan menangis sambil membuka mata bahkan menarik kepala ke belakang. Bahkan semakin lama, intensitas tangisananya akan menjadi semakin kencang.

Cara Mengatasi Bayi Rewel

Setelah tahu penyebab bayi rewel, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Selimutilah bayi dengan kain
  2. Mengayun-ayun atau menggendong bayi
  3. Menggendong bayi dengan posisi telungkup
  4. Putarkan suara yang menenangkan
  5. Pijat atau usap lembut tubuh bayi Anda
  6. Memandikan bayi Anda dengan air hangat
  7. Nyanyikanlah lagu atau solawat

Nah, itu dia penyebab bayi rewel dan cara mengatasinya. Meski terkesan sulit, Anda bisa terus belajar untuk terus mengamati bentuk tangisan bayi agar lebih paham cara apa yang harus dilakukan untuk menenangkan mereka. Semangat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *