Kehamilan Sehat: Ketahui 7 Ciri dan Cara Menjaganya

kehamilan sehat

Aldricus – Kehamilan sehat diikuti karena ada sepakan bayi yang makin kerap dan kuat. Supaya ibu hamil sehat, Anda dianjurkan untuk konsumsi vitamin prenatal sampai jauhi depresi.

Kehamilan sehat pasti harus dijaga untuk keselamatan ibu dan buah kesayangan. Jika ibu hamil alami keluh kesah kesehatan atau menderita penyakit tertentu, ini akan memberikan ancaman jiwa untuk ke-2 nya. Buah kesayangan bahkan juga dapat terjangkit penyakit dari ibunya. Untuk jaga ibu hamil sehat dan bayi yang dikandungnya, lakukan gaya hidup sehat sebagai jawaban yang akurat. Dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat dalam beragam faktor kehidupan, ibu hamil bisa melahirkan bayi yang sehat.

Tidak menstruasi adalah pertanda kehamilan. Tetapi, untuk memperoleh jawaban yang lebih tepat, Anda dapat memakai testpack. Umur kehamilan sebetulnya dihitung dari hari awal haid paling akhir (HPHT).Untuk ketahui kehamilan sehat, ada pertanda yang seharusnya Anda perhatikan, yakni:

kehamilan sehat

1. Mual dan muntah

Kehamilan sehat biasanya diikuti dengan rasa muntah dan mual atau morning sickness pada awal kehamilan. Menurut penelitian terbitan BMJ Clinical Evidence, pertanda ibu hamil sehat ini karena ada kenaikan hormon kehamilan, yakni human Chorionic Gonadotropin (hCG).

2. Bau dan aroma terasa lebih menyengat

Walau kedengar lucu, ini sebagai pertanda kehamilan sehat. Ini ternyata banyak dirasakan ibu hamil. Bisa dibuktikan, indra penciuman juga jadi lebih peka pada trimester pertama kehamilan. Ciri-ciri ibu hamil sehat ini sanggup memacu morning sickness.

3. Sering terasa ingin buang air kecil

Ibu hamil sehat diikuti dengan rasa ingin buang air kecil terus-terusan. Ini karena ada kenaikan volume darah saat hamil. Oleh karenanya, darah ginjal juga harus hasilkan urine dengan volume yang semakin banyak.Disamping itu, hormon kehamilan dan bertambahnya ukuran kandungan sebagai factor pemicunya pertanda ibu hamil sehat ini.

4.Mudah lelah

Kelelahan menjadi satu diantara pertanda kehamilan sehat. Di trimester pertama kehamilan, hormon progesteron juga alami kenaikan. Ini mengakibatkan badan santai. Tetapi, karena santai, ibu juga condong berasa gampang capek dan mengantuk.Jika gampang capek dituruti dengan pertanda, seperti pucat, napas sesak, sakit di kepala, jantung berdebar-debar, sampai telapak kaki dan tangan berasa dingin, cermati tanda-tanda anemia saat hamil.

5. Nyeri payudara

Semenjak masuk awalnya kehamilan, payudara yang dirasa ngilu dan jadi membesar sebagai ciri-ciri kehamilan sehat.Karena, pada ibu hamil sehat, hormon estrogen dan progesteron juga bertambah. Ini mempengaruhi payudara.Disamping itu, saat hamil, badan juga menyiapkan menyusui. Oleh karenanya, kelenjar susu juga badan.Saluran darah juga bertambah. Peralihan juga kelihatan pada puting dan areola yang lebih menghitam.

6. Mood swing

Emosi yang tidak konstan ini dikuasai beragam jenis factor. Biasanya, terjadi karena peralihan hormon, depresi, sampai kecapekan. Ini berpengaruh pada neurotransmiter atau zat kimia dalam otak.Jika suasana hati swing terjadi lebih dari dua minggu, ini tak lagi memberikan indikasi kehamilan sehat. Karena itu, selekasnya jumpai psikiater dan psikolog. Emosi yang tidak teratasi beresiko kelahiran prematur sampai stres pascamelahirkan.

7. Gerakan janin terasa

Bila Anda dapat rasakan janin menyepak perut Anda, ini memiliki arti ibu hamil sehat. Karena, kehamilan sehat diikuti karena ada perubahan janin, seperti sepakan yang semakin kuat dan kerap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *