Scoliosis dan Penanganannya

penanganan skoliosis terbaik

Aldricus – Pernahkah Anda mendengar tentang scoliosis? Sebelum membahas tentang penanganan scoliosis terbaik, ada bagusnya jika Anda mengenal lebih dulu apa itu scoliosis. Scoliosis merupakan salah satu gangguan pada tulang belakang. Rangka tubuh atau tulang belakang mengalami kelengkungan.

Hal tersebut kerap dikenal dengan scoliosis. Gangguan ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi scoliosis parah biasanya memiliki kurva kelengkungan hingga 40 derajat. Ada banyak sekali sebenarnya penanganan yang bisa dilakukan untuk scoliosis.

penanganan skoliosis terbaik

Penanganan Scoliosis

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, ada beberapa macam cara untuk menangani scoliosis. Berbagai macam cara ini bisa diaplikasikan sesuai dengan tingkat scoliosis yang dialami. Berikut di bawah ini beberapa cara penanganannya:

1. Observasi

 Hal pertama yang harus dilakukan adalah observasi atau proses melihat dan menunggu. Biasanya hal ini dilakukan untuk anak-anak yang terserang scoliosis. Tahap ini dilakukan untuk melihat apakah scoliosis bertumbuh dengan sangat cepat dan parah.

Pada proses ini, harus dilihat bagaimana lengkungan dan perkembangan yang terjadi pada scoliosis. Jika dirasa lengkungannya parah, maka harus ditindak lanjuti dengan cara tepat.

2. Terapi/Latihan Fisik

 Proses penanganan selanjutnya adalah melakukan terapi atau latihan fisik. Tahap ini dilakukan apabila scoliosis yang terjadi, lengkungannya belum parah arau masih bisa diperbaiki tanpa operasi. Tahapan ini biasanya ditangani oleh dokter yang ahli di bidang terapi scoliosis.

Pada tahap ini, Anda akan dikenalkan dengan berbagai pendekatan terapi agar posisi tulang belakang bisa kembali normal. Biasanya hal ini menggunakan alat khusus.

3. Bracing

 Salah satu cara penanganan scoliosis yang cukup populer adalah bracing. Bracing sendiri adalah alat khusus yang dipasang pada bagian tulang belakang.

Bracing ini juga ada beragam, ada yang lunak, dinamis, kaku, hingga yang korektif. Untuk penggunaan bracing ini, Anda bisa langsung konsultasikan pada dokter terpercaya yang ahli dalam bidang ini.

4. Pembedahan

 Scoliosis memang bisa disembuhkan tanpa operasi bedah. Namun hal ini juga tergantung pada kondisi keparahan scoliosis. Jika scoliosis yang dialami sudah sangat parah hingga menimbulkan ketidak seimbangan tulang, maka operasi bedah perlu dilakukan.

Pada beberapa kasus, scoliosis yang menyerang anak-anak, tumbuh lebih cepat. Sehingga akan sangat bahaya jika hanya dibiarkan. Operasi bedah bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

5. Pengobatan Komplementer

 Pada dasarnya, tidak ada berbagai jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan scoliosis. Namun pengobatan komplementer ini hanya berlaku sebagai pelengkap dari terapi penyembuhan. Penggunaannya juga tidak bisa dilakukan secara terus menerus, alias ada batasan.

5 cara penanganan scoliosis di atas bisa jadi acuan untuk Anda yang sedang menderita atau memiliki keluarga yang menderita scoliosis. Mulai dari cara yang ringan hingga cara berat seperti pembedahan, semua bergantung pada tingkat keparahan scoliosis itu sendiri. Pastikan Anda memilih cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *